Casque De Chevalier 6 Lettres
my job is delivering lettres I am.........
1. my job is delivering lettres I am.........
postman.......jawaban benera post man karena tugasnya mengirim surat
2. apa bahasa indonesia tyepes lettres,answer,phone
menulis surat, menjawab, hp(ponsel)
Jawaban:
mengetik,surat,menjawab,telepon
3. A place to sand lettres artinya
Jawaban:
sebuah tempat untuk mengirim surat (semoga membabtu)
4. tolong jawab lagi ya, he delivers lettres everyday. he is ha......
Jawaban:
dia mengirimkan surat kabar setiap hari. dia ha ......
Jawaban:
Postman
Penjelasan:
5. tolong ya Noun suffixes - ation and - ment 1. Mr Chevalier got an ... to do an advertisement in America. ( invite ) 2. i did a quick ... to see how much money I'd spent. ( calculate) plz buat hari ini
Jawaban:
1. invitation
2. calculation
Semoga membantu
Jawaban:
invitation dan calculation
6. sending-lettres-is-the-postmen-thetolong di jawab dgn kata kata yg benar
Jawaban:
the postman is sending letters
Jawaban:
The postman is sending the letters.
Penjelasan:
Jadi tulisannya adalah The postman karena to be nya adalah is. Kalau tulisannya The postmen, maka to be nya adalah are.
Semoga membantu ya.
7. Mr.ridwan is a.....he delivers lettres to people's homes
Jawaban: postman
dia mengantarkan surat atau namanya sering disebut tukang pos
8. the following are some important wordes used ini this. srange the lettres fo form the wordes 1. Anem 2.kinth 3. netlis
Jawaban:
1. Name
2. Think
3. Listen
Penjelasan:
9. Lahirnya teori peluang dimulai ketika di tahun 1654 seorang penggemarmatematika bernama Chevalier de Mere bertemu dengan Blaise Pascal dalamsebuah perjalanan. De Mere menanyakan banyak persoalan matematika kepadaPascal hingga sebuah pertanyaan yang akhirnya dibutuhkan waktu sekitar duatahun untuk Pascal menjawabnya. Pertanyaannya yang diajukan Chevalier deMere adalah : "Dua orang dalam permainan lempar koin memperebutkan 100Franc dimana pemenangnya adalah orang yang berhasil memenangkan 7 kalipermainan. Jika karena suatu hal, permainan berhenti ketika pemain pertamatelah menang 5 kali, dan pemain kedua telah menang sebanyak 4 kali, bagaimanacara paling adil dalam membagi hadiahnya?". Dan pada akhirnya kemungkinan-kemungkinan kejadian yang akan terjadi telah dirangkum dalam teori peluang.nama ilmuan yang merumuskan teori peluang pada paragraf diatas adalah ... *O Thomas alfa edisonO Albert EinsteinO AlkhawarizmiO Alexander grahambellBlaise Pascal
thomas alfa edison
maaf kalo salah
10. ExerciceMettez ces lettres en bon ordre (Susunlah huruf-huruf berikutmenjadi kata yg benar):1. u-a r-r-e-0-1-V:2. r-u-e-i-s-n-o-m3. c-m-e-n-m-o-t4. b-r-0-u-j-n-o5. m-m-a-a-d-e
Jawaban:
Maafkan aku !!!!!!!!!!!!
Penjelasan:
11. BUATLAH GAGASAN POKOK DARI TEKS DI BAWAH INIPerlawanan Ulama Pejuang: Pangeran DiponegoroPada tahun 1825 Belanda bermaksud menyambung dan memperlebar jalan melalui tanah makam leluhur Pangeran Diponegoro dengan tidak minta izin lebih dulu kepada Pangeran Diponegoro. Hal itu menyebabkan Pengeran Diponegoro marah karena mengesampingkan beliau sebagai wali raja sekaligus ulama kharismatis dari Kesultanan Yogyakarta.Pada waktu diadakan pemasangan pancang-pancang oleh suruhan Belanda, pancang-pancang itu dicabuti oleh suruhan Pangeran Diponegoro. Wakil Belanda, Residen Smissaert, meminta Pangeran Mangkubumi (paman Pangeran Diponegoro) untuk memanggil Pangeran Diponegoro. Setelah Pangeran Mangkubumi bertemu dengan Pangeran Diponegoro, ia malah bergabung dengan Pangeran Diponegoro untuk melakukan perlawanan. Pada tanggal 20 Juli 1825 rumah kediaman Pengeran Diponegoro di Tegalrejo diserang dan dikepung oleh pasukan berkuda di bawah pimpinan Chevalier dengan maksud untuk menangkap Pengeran Diponegoro.Dalam pertempuran itu Pangeran Diponegoro dan Pangeran Mangkubumi lolos. Namun, rumah Pangeran Diponegoro dibakar oleh Belanda. Sejak itu Pengeran Diponegoro bertekad melawan Belanda untuk menegakkan kemerdekaan dan keadalian dari kaum penjajah.
Jawaban:
Gagasan pokok paragraf 1: Kemarahan pangeran Diponegoro yang di sebabkan oleh Belanda yang bermaksud menyambung dan memperlebar jalan melalui tanah makam leluhur Pangeran Diponegoro dengan tidak minta izin terlebih dahulu.
Gagasan pokok paragraf 2: Dikepung nya kediaman rumah Pangeran Diponegoro.
Gagasan pokok paragraf3:Lolosnya Pangeran Diponegoro dan Pangeran Mangkubumi dan bertekad melawan Belanda.
MAAF KLO SALAH...KLO SALAH MANUSIAWI..
12. 8) Salah seorang tokoh yang berminat pada retorika dan berusaha untuk menghidupkan kembali pada zaman Renaissance adalah....A. Roger Bacon (1214 - 1219)B. Cicero (106-43 SM)C. Aristoteles (384-322 SM)D. Peter Ramus (1515 - 1572 M)9) George Campbell (1719 1796) menelaah dengan tekun karya-karya Aristoteles, Cicero, dan Quintillianus melalui suatu pendekatan yang disebut pendekatan...A. retorikaB. persuasifC. psikologis fakultasD. naratif10) Aliran belles lettres (tulisan yang indah) lebih menekankan aspek keindahan bahasa, segi-segi estetis pesan, juga kadang-kadang mengabaikan aspek informatif. Salah seorang pendukung aliran ini adalah Hugh Blair (1718-1800 M) yang menulis buku, dengan judul...A. Lectures on Rhetoric and Belles LettresB. The art of SpeakingC. Political DisquisitionsD. Institutio Oratoria
Jawaban:
1.D. Peter Ramus (1515 - 1572 M)
1. adalah Peter Ramus (1515 - 1572 M). Persuasi pada zaman modern berakar dari zaman Renaissance.
2.George Campbell (1719 - 1796), menelaah dengan tekun karya-karya Aristoteles, Cicero, dan Quintillianus melalui suatu pendekatan yang disebut dengan pendekatan psikologis fakultas.
3.A. Lectures on Rhetoric and Belles Lettres
Penjelasan:
maaf kalau salah satu ya
Jangan lupa like dan follow me
13. jalan melalui tanah makam leluhur Pangeran Diponegoro dengan tidak mintaizin lebih dulu kepada Pangeran Diponegoro. Hal itu menyebabkan PengeranPada tahun 1825 Belanda bermaksud menyambung dan memperlebarDiponegoro marah karena mengesampingkan beliau sebagai wali raja sekaligusulama kharismatis dari Kesultanan Yogyakarta.Pada waktu diadakan pemasangan pancang-pancang oleh suruhan Belanda,pancang-pancang itu dicabuti oleh suruhan Pangeran Diponegoro. WakilBelanda, Residen Smissaert, meminta Pangeran Mangkubumi (paman PangeranDiponegoro) untuk memanggil Pangeran Diponegoro. Setelah PangeranMangkubumi bertemu dengan Pangeran Diponegoro, iadengan Pangeran Diponegoro untuk melakukan perlawanan. Pada tanggal 20 Juli1825 rumah kediaman Pengeran Diponegoro di Tegalrejo diserang dan dikepungoleh pasukan berkuda di bawah pimpinan Chevalier dengan maksud untukmenangkap Pengeran Diponegoro,malah bergabungDalam pertempuran itu Pangeran Diponegoro dan Pangeran Mangkubumilolos. Namun, rumah Pangeran Diponegoro dibakar oleh Belanda. Sejakitu Pengeran Diponegoro bertekad melawan Belanda untuk menegakkankemerdekaan dan keadalian dari kaum penjajah.140 .jelaskan struktur dari teks eksplanasi yg di atas
Jawaban:
Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menyajikan detil informasi tentang terjadinya sebuah peristiwa yakni dari aspek bagaimana dan kenapa sebuah peristiwa dapat terjadi. Sebagai sebuah karya sastra, teks eksplanasi dibangun di atas tiga struktur utama yaitu identifikasi fenomena, proses kejadian, dan ulasan.
Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan struktur teks eksplanasi berjudul "Perlawanan Ulama Pejuang: Pangeran Diponegoro". Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
Perlawanan Ulama Pejuang: Pangeran Diponegoro
Identifikasi Fenomena
Pada tahun 1825 Belanda bermaksud menyambung dan memperlebar jalan melalui tanah makam leluhur Pangeran Diponegoro dengan tidak minta izin lebih dulu kepada Pangeran Diponegoro. Hal itu menyebabkan Pengeran Diponegoro marah karena mengesampingkan beliau sebagai wali raja sekaligus ulama kharismatis dari Kesultanan Yogyakarta.
Proses kejadian
Pada waktu diadakan pemasangan pancang-pancang oleh suruhan Belanda, pancang-pancang itu dicabuti oleh suruhan Pangeran Diponegoro. Wakil Belanda, Residen Smissaert, meminta Pangeran Mangkubumi (paman Pangeran Diponegoro) untuk memanggil Pangeran Diponegoro. Setelah Pangeran Mangkubumi bertemu dengan Pangeran Diponegoro, ia malah bergabung dengan Pangeran Diponegoro untuk melakukan perlawanan. Pada tanggal 20 Juli 1825 rumah kediaman Pengeran Diponegoro di Tegalrejo diserang dan dikepung oleh pasukan berkuda di bawah pimpinan Chevalier dengan maksud untuk menangkap Pengeran Diponegoro.
Dalam pertempuran itu Pangeran Diponegoro dan Pangeran Mangkubumi lolos. Namun, rumah Pangeran Diponegoro dibakar oleh Belanda. Sejak itu Pengeran Diponegoro bertekad melawan Belanda untuk menegakkan kemerdekaan dan keadalian dari kaum penjajah.
Perjuangan Pangeran Dipenogoro mendapat simpati luas. Para pengikutnya pun bertambah banyak. Oleh karena itu, pasukan Pangeran Diponegoro dibagi menjadi beberapa batalyon dan setiap batalyon diberi nama sendiri misalnya Turkiya, Arkiya, dan sebagainya.
Dalam peperangannya, Pangeran Diponegoro mempergunakan sistem gerilya. Mereka tidak pernah mengadakan penyerangan secara besar besaran. Akan tetapi, hanya degan perang lokal secara sporadis. Siasat ini ternyata sangat efektif dan menjadikan Belanda kewalahan.
Untuk menghindari serbuan Belanda, Pangeran Diponegoro memindahkan pusat pertahanannya ke Daksa (sebelah barat laut Yogyakarta). Selanjutnya serangan-serangan terhadap Belanda dilakukan dari Daksa sebagai pusat pertahanan yang baru. Bersamaan dengan itu, atas desakan rakyat, para bangsawan dan ulama, Pangeran Diponegoro mengangkat dirinya sebagai kepala negara dengan gelar “Sultan Abdulhamid Herucakra Amirulmukminin Sayidin Panatagama Kalifatullah Tanah Jawa”. Setelah diadakan penobatan, didirikanlah pusat negara, yakni Plered dengan pertahanan yang kuat. Hal itu dilakukannya untuk menjaga kemungkinan apabila mendapat serangan dari pihak Belanda yang mungkin muncul sewaktu-waktu. Pertahanan daerah Plered ini ditangani oleh Kerta Pengalasan.
...
Ulasan
Oleh Pangeran Diponegoro tawaran itu diterima. Sehari sesudah Lebaran (28 Maret 1830) Pangeran Diponegoro beserta pengikut-pengikutnya memasuki kota Magelang untuk mengadakan kunjungan kehormatan dan persahabatan dengan Jenderal de Kock. Pangeran Dipenogoro diterima Jenderal de Kock dengan penuh kehormatan di ruang kerjanya. Ketika Jenderal de Kock menanyakan syarat apa yang diinginkan, Pangeran Diponegoro menghendaki negara merdeka dan menjadi pimpinan mengatur agama Islam di Pulau Jawa.
Jenderal de Kock menolaknya dan melarang Pangeran Diponegoro meninggalkan ruangan. Pangeran Diponegoro ditangkap Belanda yang ternyata telah menyiapkan penyergapan secara rapi. Dengan demikian, Belanda menjalankan pengkhianatan yang kesekian kalinya. Selanjutnya dengan pengawal yang ketat, Pangeran Diponegoro dibawa ke Batavia lalu dibuang ke Manado kemudian dipindahkan ke Benteng Rotterdam di Makassar sampai wafatnya (8 Januari 1855). Jenazahnya dimakamkan di Kampung Melayu, Makasar.
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks eksplanasi:
brainly.co.id/tugas/752240
Detil jawaban
Kelas: VIII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 1 - Sastra
Kode kategori: 8.1.1
Kata kunci: teks eksplanasi, perlawanan ulama pejuang: pangeran diponegoro
14. 2.) (+) Siti (write/wrote) some lettres to her pen-friends yesterday. (-) ....................... (?) ....................... 3.) My father (drink/drunk) a cup of coffe three days ago. (-) ........................ (?) ....................... 4.) The students (spoke/speak) English to their English teacher. (-) ................... (?) ................... 5.) Mrs. Laura (go/went) to the school before yesterday. (-) ................... (?) .................. 6.) Ronaldo (kick/kicked) the ball into the goal last night (-) ................ (?) ................ 7.) My sister (bought/buy) medicine in the drugstore last month (-) ................. (?) ................. 8.) My family (eat/ate) gado-gado in the restaurant last day (-) .................. (?) .................. 9.) My class (get/got) the first price in classroom competition two days ago (-) .................. (?) .................. 10.) Hilda (see/saw) some tourists in Bali last month (-) .................. (?) ................ *Tolong di jawab hari ini dikumpulka
Jawaban:
2.) (+) Siti wrote some lettres to her pen-friends yesterday.
(-) Siti didn't write some letters to her pen-friends yesterday.
(?) Did Siti write some letters to her pen-friends yesterday?
3.) My father drunk a cup of coffee three days ago.
(-) My father didn't drink a cup of coffee three days ago.
(?) Did My father drink a cup of coffe three days ago?
4.) The students spoke English to their English teacher.
(-) The students didn't speak English to their English teacher.
(?) Did the students speak English to their English teacher?
5.) Mrs. Laura went to the school before yesterday.
(-) Mrs. Laura didn't go to the school before yesterday.
(?) Did Mrs. Laura go to the school before yesterday?
6.) Ronaldo kicked the ball into the goal last night
(-) Ronaldo didn't kick the ball into the goal last night
(?) Did Ronaldo kick the ball into the goal last night?
7.) My sister bought medicine in the drugstore last month
(-) My sister didn't buy medicine in the drugstore last month.
(?) Did My sister buy medicine in the drugstore last month?
8.) My family ate gado-gado in the restaurant last day
(-) My family didn't eat gado-gado in the restaurant last day
(?) Did My family eat gado-gado in the restaurant last day?
9.) My class got the first price in classroom competition two days ago
(-) My class didn't get the first price in classroom competition two days ago
(?) Did My class get the first price in classroom competition two days ago?
10.) Hilda saw some tourists in Bali last month
(-) Hilda didn't see some tourists in Bali last month
(?) Did Hilda see some tourists in Bali last month?
Penjelasan:
Soal di atas itu mengenai Simple Past.
Berikut rumus simple past
(+) S+V2
(-) S+did+not+V1
(?) Did+S+V1+?
(-?) Did+S+not+V1+?
* did not = didn't
cmiiw. maaf kalau salah
Jawaban:
2.) (+) Siti (write/wrote) some lettres to her pen-friends yesterday.
(-) Siti didn't (write) some lettres to her pen-friends yesterday
(?) Is Siti wrote some lettres to her pen-friends yesterday?
3.) My father (drink/drunk) a cup of coffe three days ago.
(-) My father does not drink a cup of coffe three days ago
(?) Is My father drunk a cup of coffe three days ago?
4.) The students (spoke/speak) English to their English teacher.
(-) The students can't speak English to their English teacher
(?) Are The students spoke English to their English teacher?
5.) Mrs. Laura (go/went) to the school before yesterday.
(-) Mrs. Laura hasn't went to the school before yesterday.
(?) Is Mrs. Laura went to the school before yesterday.
6.) Ronaldo (kick/kicked) the ball into the goal last night
(-) Ronaldo doesn't kick the ball into the goal last night
(?) Is Ronaldo kicked the ball into the goal last night?
7.) My sister (bought/buy) medicine in the drugstore last month
(-) My sister doesn't buy medicine in the drugstore last month
(?) Is My sister bought medicine in the drugstore last month?
8.) My family (eat/ate) gado-gado in the restaurant last day
(-) My family didn't eat gado-gado in the restaurant last day
(?) Are My family ate gado-gado in the restaurant last day?
9.) My class (get/got) the first price in classroom competition two days ago
(-) My class doesn't get the first price in classroom competition two days ago
(?) Are My class got the first price in classroom competition two days ago?
10.) Hilda (see/saw) some tourists in Bali last month
(-) Hilda hasn't see some tourists in Bali last month
(?) Is Hilda saw some tourists in Bali last month?
Penjelasan:
15. B-I-S-L-N-I-G the correct word of these lettres is :
Jawaban:
SIBLING
artinya adalah saudara kandung
Penjelasan:
semoga membantu, semangat belajar yaa
Jawaban:
B-I-S-L-N-I-G = SIBLING
16. My new friends Last month i attendet an international confrence in new york,an i made friens with pierre chevalier,kevin smith and mei ling. "Piere is from marseille,france.he is a doctor ands is inhis late forties .he looks ratherthin,perhaps because he is very tall.he must be over 1,80 m.his neatly trimmed beard in the first thing you would notice about him.when we were together,he was always cheerful,and he made us laugh a lot . Artinya
Jawaban:Teman-teman barukuBulan lalu saya menghadiri konferensi internasional di new york, dan saya membuat pertemanan dengan pierre chevalier, kevin smith, dan mei ling.Piere berasal dari marseille, france. Dia seorang dokter dan usianya sekitar empat puluhan. Dia terlihat agak kurus, mungkin karena dia sangat tinggi. Tinggina pasti lebih dari 1,80 m. Janggutnya yang dipangkas rapi adalah hal pertama yang akan kamu perhatikan tentang dia. ketika kita bersama, dia selalu ceria, dan dia membuat kita tertawa.Pembahasan
My New Friends
=> Teman-teman baruku
PenjelasanIni adalah judul dari teksyang akan berisi tentang penulis yang akan bercerita tentang teman-temannya.Last month, I attended an international conference in new york, and I made friens with pierre chevalier,kevin smith and mei ling.
=> Bulan lalu saya menghadiri konferensi internasional di new york, dan saya membuat pertemanan dengan pierre chevalier, kevin smith, dan mei ling.
Penjelasan:Teks awal menggunakan Past Tense, karena Penulis menceritakan pengalamannya yang kejadiannya terjadi di masa lampau.Tanda Past Tense diketahui melalui ket. waktu last month(bulan lalu)Verbal Sentence:
(+) S + Verb 2 + O
I + attended + an international conferenceI + made + friends"Piere is from marseille, france. he is a doctor and his late forties. he looks rather thin, perhaps because he is very tall.
=> Piere berasal dari marseille, france. Dia seorang dokter dan usianya sekitar empat puluhan. Dia terlihat agak kurus, mungkin karena dia sangat tinggi.
Penjelasan:Teks selanjutnya penulis mulai mendeskripsikan salah satu temannya.dalam mndeskripsikan teman menggunakan Present Tense karena berupa kebenaran umum mengenai fakta yang ada di si PierreNominal Sentence
(+) S + is/am/are + Complement
Piere + is + from marseille, francehe + is a doctorVerbal Sentence
(+) S + Verb (-s/es) + Complement
He + looks + rather thinWhen we were together, he was always cheerful, and he made us laugh a lot .
=> ketika kita bersama, dia selalu ceria, dan dia membuat kita tertawa.
Penjelasan:Penulis mengenang kebersamaan bersama Pierrekarena konteksnya mengenang berarti kejadiannya terjadi di masa lalu Maka Past Tense yang digunakanNominal Sentence
(+) S + was/were + Complement
we + were + togetherVerbal Sentence
(+) S + Verb 2 + O
He + made + us laugh a lot_______________Link TerkaitMenerjemahkan Teks: brainly.co.id/tugas/24614953Tentang Present Tense: brainly.co.id/tugas/23915712Tentang Past Tense: brainly.co.id/tugas/24014820Detail JawabanMapel: Bahasa Inggris
Materi: Menerjemahkan Teks
Level: JHS (8)
Kode Soal: 5
Kode Kategorisasi: 8.5
KataKunci:Present Tense, Past Tense, Verbal Sentence, Nominal Sentence
Jawaban:
Teman baruku
Bulan lalu saya menghadiri konferensi internasional di new york, dan saya berteman dengan pierre chevalier, kevin smith, dan mei ling.
"Piere berasal dari marseille, francis. Dia seorang dokter dan berusia empat puluhan. Dia terlihat agak kurus, mungkin karena dia sangat tinggi. Dia harus lebih dari 1,80 m. Janggutnya yang dipangkas rapi di hal pertama yang akan kamu perhatikan tentang dia. ketika kita bersama, dia selalu ceria, dan dia membuat kita banyak tertawa.
maaf kalo salah
jangan dihapus
17. A. Créate lettres of invitation based on oné of thé following situations. ? you are thé secrétary of à vocational school. it is going to hold a graduation ceremony on June 15th , 2015. you are inviting students parents to attend thé ceremony.thé formal of à formal invition and informal invitation.
Create Invitation letter for student's parents in graduation ceremony on June 15th , 2015
Jawaban:
Surabaya, June 15th , 2015
Dear Student's Parents
We glad to announce to all the student's parents in Vocational High School 5 Surabaya for graduation with highly, remarkable and well result for your children in our school. They have already passed all the up and down for being a part in our family in school. We proud being the one who have already been trusted by all of you which put your children in our school.
Before finishing the journey in three years during study here. You are highly encouraged to attend this event with your children in our graduation ceremony on June 15th , 2015.
We do appreciate for your attending in this graduation ceremony. It would mean a a lot to me if you could grace the occasion with your presence as I believe that for me, the graduation ceremony would not be complete without your being there to witness it.
The details of ceremony are as follows:
Venue: Queens Hall, Vocational High School
Date: June 15th , 2015
Time: 9.00 a.m
The invitation card enclosed with this letter bears all the necessary information. Please do bring your invitation card with you for security reasons.
Yours sincerely,
Secretary of School
----------------------------#BelajarBersamaBrainly--------------------------------------
Keep Working ! Palajari lebih lanjut dengan mengunjungi link dibawah ini:
https://brainly.co.id/tugas/437433518. *Arrange the lettres to find out the name of animals 1.woc2.bbrati3.tac4.cudk5. obat6.Nechki7.Iqp8.rsohe9. pshee10.qdo*Match the names of the animals with their characteristics1. A Giraffe. a.sharp teeth 2. a snake. b. a useful shell3. a tiger. c.beautiful wings4. a deer. d.green skin5. an elephant. E.useful hump6. a lobster. F. a long neck7. a camel. G.poisonous8. a snail. H.beautiful antlers9. a froq. I. a long trunk10. a peacock. J.pincers*Match the animals with parts of theirs bodies1.Bird. a.fur, claws,whisker tooth canine2.cat. b.Anlers3. fish. c.mane,tail,leq fore lock,hoof4.Deer. d.shellklo yg tau bhs inggris atau yg tau jawabannya tolong dijawab yg benar yaaa soalnya mau dikumpul besok
1.cow
2.rabbit
3.cat
4.duck
5.goat??
6.chiken
7.pig??
8.horse
9.sheep
10.dog
yg kedua
1.F
2.G
3.A
4.H
5.L
6.J
7.E
8.B
9.D
10.C
yg ketiga ga seberapa tau
tapii semoga membantu !!
Tidak ada komentar